Manfaat Keutamaan Dan Hikmah Puasa Senin Kamis

Advertisement
Advertisement
Manfaat Keutamaan Dan Hikmah Puasa Senin Kamis. Puasa senin kamis itu merupakan puasa sunnah yang mempunyai banyak keutamaan dan manfaat bagi kehidupan kita terutama untuk menjaga kesehatan tubuh, makanya Rosululloh SAW sering kali melaksanakannya puasa pada hari senin dan kamis dan mengajurkan kepada semua umatnya untuk melaksanakan puasa senin kamis.

Bagaimanapun, puasa Senin Kamis itu hanyalah ‘sunnah’ bukan ? Tak banyak dari kita yang tahu benar hikmah puasa Senin Kamis dari segi spiritual, kesehatan dan keutamaannya di hadapan Allah. Karena itu, dalam artikl ini Admin akan sedikit memberikan penjelasan tentang manfaat dan keutamaan puasa senin kamis dalam Islam bagi kesehatan, ada baiknya kita mengupas hikmah puasa Senin Kamis supaya kita lebih semangat menjalaninya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam merutinkan puasa hari senin dan kamis itu mempunyai alasan yang memang dapat di mengerti oleh kita semua dan bisa jadi manfaat puasa senin kamis  bagi kita sebagai umatnya untuk mendapatkan pahala dan kesehatan bagi tubuh karena setiap kali Rosul melaksanakan sesuatu itu sudah pasti ada manfaat serta hikmah bagi jiwa Rosul serta umatnya.

Manfaat Keutamaan Dan Hikmah Puasa Senin Kamis  Bagi kesehatan

Pertama mengenai pahala yang kita harapkan yaitu:

Sebagai mana Siti Aisyah radhiyallahu ‘anha menceritakan,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالخَمِيسِ


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan puasa di hari senin dan kamis. (HR. Turmudzi 745 dan dishahihkan Al-Albani).

Kemudian disebutkan dalam hadis dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa puasa setiap senin dan kamis. Ketika beliau ditanya alasannya, beliau bersabda,

إِنَّ أَعْمَالَ الْعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ


“Sesungguhnya amal para hamba dilaporkan (kepada Allah) setiap senin dan kamis.” (HR. Abu Daud 2436 dan dishahihkan Al-Albani).

Dan saat Rasulullah ditanya tentang puasa Senin dan Kamis, Beliau menjawab khususnya pada hari Senin:

ذاك يوم وُلدتُ فيه وأُنزلَ عليَّ فيه


Artinya: “Hari itu aku di lahirkan dan pada hari itu (pula) wahyu di turunkan kepadaku.” (HR Muslim)

Ke Dua Manfa'at Bagi Kesehatan Tubuh

1. Peremajaan sel kulit

Nah untuk pertama kali kita teliti bahwa Sel-sel kulit manusia yang telah mati perlu diremajakan kembali.Untuk itu anda tidak perlu bantuan pakai produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi tapi cukup untuk Anda hanya melakukan puasa senin kamis secara rutin. Dikarenakan hal seperti ini, berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa, dan itu menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.

2. Mengencangkan kulit

Mungkin Anda tidak percaya apa hubungannya antara puasa senin kamis dengan pengencangan kulit. Seperti halnya peremajan kulit, saat Anda berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang. Coba buktikanlah!

3. Mempercantik kaum wanita secara alami

Dengan berpuasa senin kamis, sel-sel tubuh akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur. Hal itu yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh Anda selalu mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam maupun luar tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan segar. Misalnya, pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit akan menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, dan terlihat cantik. Bagi Anda para wanita yang menginginkan terlihat selalu tampil cantik dan awet muda, tidak ada salahnya mencoba melakukanpuasa senin kamis.

4. Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Organ perncernaan dalam tubuh yang Anda miliki diibaratkan seperti mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Tidak mungkin sebuah mesin dapat dihidupkan dan dijalankan terus menerus karena hanya akan merusak salah satu atau lebih onderdil atau sparepart bagian dari mesin tersebut. Oleh karena itu, mesin kendaraan bermotor juga membutuhkan istirahat agar tidak cepat rusak komponen di dalamnya. Selain itu, juga membutuhkan perawatan yang rutin.Satu-satunya cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengistirahatkan organ perncernaan adalah puasa senin kamis.

5. Menurunkan kadar lemak

Lemak memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. namun, jika Anda memiliki lemak dalam tubuh yang terlalu banyak tentu hanya akan membuat penyakit datang. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh Anda harus dihilangkan. Ada tiga cara yang sangat efektif dan dapat Anda lakukan segera, yaitu berolah raga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan melakukan puasa senin kamis. Ketiga cara tersebut jika dilakukan dengan benar, dijamin akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda. akibat positifnya, tubuh Anda akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

6. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Walau pun kita tidak menggunakan penelitian dari para ilmuwan, Anda pun bisa berpikir secara logika, jika puasa senin kamis dapat mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain itu berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Nah untuk yang paling epektif mengeluarkannya bukan hanya dengan berolah raga saja. Namun, Anda harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan sendirian. Pengeluarannya dapat lewat keringat, urine, atau saat Anda buang air besar. Cara puasa senin kamis memang dipercaya ampuh untuk mengelurkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka Anda akan merasakan tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

7. Lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Ketika Anda sedang melaksanakan puasa senin kamis, pasti akan merasakan lapar dan haus yang sangat. Rasa seperti itulah yang dirasakan oleh banyak orang miskin dan tidak mampu. Mereka untuk mengisi perut agar tetap bisa hidup hingga mengemis atau memungut makanan sisa dari tumpukan sampah. Namun, Anda tentu lebih beruntung karena tidak mengalaminya. Oleh karena itu, orang yang biasa berpuasa senin kamis lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar. Rasa ini menjadi lebih besar saat orang yang berpuasa tersebut mengalami rasa lapar dan haus, seperti yang dirasakan orang-orang miskin.

8. Menenangkan jiwa dan perasaan

Orang sudah terbiasa melakukan puasa senin kamis biasanya dapat lebih mengontrol pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa senin kamis orang dapat lebih bersabar, mengontrol hawa nafsu, dan pikiran-pikiran kotor atau negatif. Dengan terkontrolnya pikiran, akan menyebabkan ketenangan jiwa. Bagi Anda yang selama ini selalu dihantui rasa takut, stres, depresi, atau mengarah pada gangguan kejiwaan.

9. Mampu mengendalikan hawa nafsu

Orang yang sering melakukan puasa senin kamis lebih mampu dan mahir mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya. Contoh yang logis adalah seorang pemuda atau pemudi yang selalu merasa kesepian dan selalu terbayang berhubungan dengan lawan jenisnya. Setiap manusia normal pasti berharap seperti itu. Namun, hawa nafsu seperti itu harus selalu dikontrol agar tidak menimbulkan efek negatif pada diri yang bersangkutan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengendalikan hawa nafsu adalah melakukan puasa senin kamis.

10. Lebih banyak beramal

Orang yang terbiasa puasa senin kamis akan lebih meningkatkan amalan ibadahnya dengan banyak beramal. Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim. Orang tersebut yakin dengan banyaknya amalan tambahan pendamping puasa senin kamis yang dijalankannya, maka akan memperoleh banyak pahala yang berlipat. Itulah efek positif secara tidak langsung yang dapat diraih setiap orang yang puasa senin kamis.

Itulah yang dapat Admin publikan lewat medsos ini mengenai Manfaat Keutamaan Dan  Hikmah Puasa Senin Kamis Dalam Islam Bagi kesehatan, semoga dengan adanya artikl kami ini ada manfaatnya bagi kita semua. Namun bukan hanya itu saja kami menyajikan masih ada yang lainnya sepreti keutamaan surat al kahfi, kata kata mutiara islami, kata kata hikmah bagi seorang pemimpin dan masih banyak lagi yang lainnya, sekian dan terima kasih.

Advertisement
Nama Kabupaten di Seluruh Indonesia, Kota, Daerah, Propinsi, Meulaboh, Purwokerto, Kota Mungkid, Blangpidie, Jantho, Calang, Tapak Tuan, Singkil, Karang Baru, Takengon, Purwodadi, Jepara, Kutacane, Paringin, Madiun, Idi Rayeuk, Sukabumi, Bontang, Lhoksukon, Simpang Tiga Redelong, Bireuen, Blang Kejeren, Suka Makmue, Ketapang, Sungai Raya, Sigli, Lumajang, Depok, Palabuhanratu, Bojonegoro, Meureudu, Sinabang, Sumenep, Barabai, Kotabaru, Nanggroe Aceh Darussalam, Amuntai, Salatiga, Sragen, Banda Aceh, Ngabang, Nanga Pinoh, Langsa, Batang, Lhokseumawe, Jawa Barat, Sabang, Subulussalam, Soreang, Blora, Tulungagung, Jombang, Kota Brebes, Sintang, Garut, Tasikmalaya, Singkawang, Kuala Pembuang, Banjarnegara, Rembang, Kota, Pati, Marabahan, Surakarta, Purworejo, Nganjuk, 1Kajen, Wonosobo, Pemalang, Boyolali, Jawa Tengah, Pekalongan, Kota Tegal, Bangkalan, Sekadau, Kandangan, Jawa Timur, Bogor, Mempawah, Blitar, Batu, Kediri, Kuningan, Purbalingga, Mojokerto, Pasuruan, Majalengka, Probolinggo, Surabaya, Kudus, Sukadana, Sampang, Nabire, Kenyam, Enarotali, Oksibil, Ilaga, Kotamulia, Anggi, Sarmi, Sorendiweri, Sorong, Karubaga, Kanigoro, Botawa, Sumohai, Elelim, Papua, Fef, Jayapura, Fakfak, Kaimana, Manokwari, Ransiki, Temanggung, Tembilahan, Rengat, Bangkinang, Selatpanjang, Taluk Kuantan, Sidenreng, Pangkalan Kerinci, Bagan Siapi-api, Pasangkayu, Cibinong, Polewali, Sei Rampah, Sulawesi Barat, Sumber, Bantaeng, Ciamis, Kumurkek, Watampone, Barru, Pinrang, Bulukumba, Sungguminasa, Jeneponto, Enrekang, Benteng, Binjai, Masamba, Turikale, Sidikalang, Pangkajene, Aek Kanopan, Watan Soppeng, Sinjai, Pattalassang, Muara Tebo, Belopa, Makale, Rantepao, Dolok Sanggul, Bengkalis, Pematangsiantar, Sengkang, Sulawesi Selatan, Cianjur, Slawi, Singaraja, Makassar, Palopo, Parepare, Luwuk, Salakan, Sungai Penuh, Banggai, Buol, Donggala, Bungku, Tabanan, Bangko, Kolonodale, Parigi, Poso, Sigi Biromaru, Ampana, Toli-Toli, Sulawesi Tengah, Malili, Palu, Rumbia, Pasarwajo, Papua Barat, Tanjungbalai, Sumatera Utara, Batauga, Muaradua, Labungkari, Langgur, Saumlaki, Piru, Bula, Maluku, Ambon, Tual, Jailolo, Bekasi, Sambas, Weda, Lamongan, Tobelo, Labuha, Pasuruan, Ponorogo, Sanana, Maba, Daruba, Bondowoso, Bobong, Maluku Utara, Ternate, Cilacap, Batulicin, Tidore Kepulauan, Sukabumi, Pelaihari, Raba, Rantau, Dompu, Gerung, Praya, Selong, Tanjung, Singaparna, Sumbawa Besar, Demak, Sampit, Cimahi, Taliwang, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Kalabahi, Atambua, Kepanjen, Ende, Larantuka, Banjarbaru, Oelamasi, Lewoleba, Betun, Ruteng, Pasir Pengaraian, Labuan Bajo, Borong, Nanga Bulik, Bajawa, Jember, Mbay, Kasongan, Baa, Indramayu, Kuala Kurun, Pulang Pisau, Seba, Maumere, Tuban, Waikabubak, Pangkalan Bun, Tambolaka, Waibakul, Waingapu, Kuala Kapuas, Soe, Kefamenanu, Karawang, Nusa Tenggara Timur, Kraksaan, Buntok, Pare, Pekanbaru, Tobadak, Tamiang Layang, Gresik, Kupang, Sukoharjo, Agats, Biak, Tanah Merah, Tigi, Banjarmasin, Muara Teweh, Kigamani, Sugapa, Sentani, Wamena, Waris, Serui, Tiom, Burmeso, Aimas, Kobakma, Purukcahu, Kepi, Merauke, Timika, Talang Ubi, Buranga, Kolaka, Tirawuta, Lasusua, Unaaha, Langara, Medan, Andolo, Lubuklinggau, Denpasar, Wanggudu, Raha, Sumatera Selatan, Rasiei, Sawerigadi, Wangi-Wangi, Sulawesi Tenggara, Mamuju, Bau-Bau, Kendari, Pandan, Cilegon, Karangasem, Kotamobagu, Waisai, Bolaang Uki, Balige, Tutuyan, Mamasa, Boroko, Sengeti, Tahuna, Ondong Siau, Melonguane, Lahomi, Pagar Alam, Tondano, Amurang, Ratahan, Airmadidi, Sulawesi Utara, Bitung, Siulak, Tangerang, Panyabungan, Kotamobagu, Majene, Riau, Manado, Siak Sri Indrapura, Dumai, Tomohon, Lubuk Basung, Pulau Punjung, Tuapejat, Sarilamak, Parit Malintang, Lubuk Sikaping, Pandeglang, Simpang Empat, Rantau Prapat, Painan, Muaro Sijunjung, Arosuka, Padang Aro, Salak, Batusangkar, Tigaraksa, Gunungsitoli, Sumatera Barat, Muara Bungo, Lotu, Sibuhuan, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Pangkalan Balai, Bintuni, Tebing Tinggi, Lahat, Muara Enim, Sekayu, Muara Beliti Baru, Rupit, Indralaya, Teminabuan, Kota Kayu Agung, Baturaja, Sumedang, Subang, Caruban, BKalimantan Tengah, Palangka Raya, Trenggalek, Mojokerto, Tanjung Redeb, Sendawar, Ungaran, Tenggarong, Situbondo, Magelang, Sangatta, Sanggau, Cikarang, Ujoh Bilang, Tanah Grogot, Penajam, Sukamara, Kalimantan Timur, Karanganyar, Kebumen, Magetan, Kendal, Pamekasan, Semarang, Balikpapan, Samarinda, Tanjungselor, Malinau, Nunukan, Tideng Pale, Kalimantan Utara, Tarakan, Cirebon, Sungai Liat, Wonogiri, Muntok, Toboali, Koba, Martapura, Kalimantan Barat, Tanjung Pandan, Manggar, Bangka Belitung, Pangkal Malang, Pinang, Ngamprah, Pontianak, Bandar Seri Bentan, Bengkayang, Bandung, Tanjung Balai Karimun, Terempa, Daik, Ranai, Riau, Batam, Tanjung Pinang, Gunung Sugih, Kotabumi, Kalianda, Liwa, Sukadana, Mesuji, Sidoarjo, Banjar, Tanjung, Pacitan, Gedong Tataan, Putussibau, Klaten, Purwakarta, Krui, Pringsewu, Menggala, Tulang Bawang Tengah, Parigi, Agung, Blambangan Umpu, Ngawi, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Namlea, Namrole, Dobo, Banyuwangi, Kalimantan Selatan, Tiakur, Masohi, Bantul, Limapuluh, Wonosari, Wates, Lubuk Pakam, Sleman, Palembang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta, Badung, Bangli, Prabumulih, Tebing Tinggi, Martapura, Tangerang Selatan, Kabanjahe, Tarutung, Raya, Sipirok, Kota Manna, Karang Tinggi, Arga Makmur, Bintuhan, Kepahiang, Muara Aman, Mukomuko, Curup, Bali, Gianyar, Tais, Negara, Bengkulu, Pangururan, Tilamuta, Gunung Sitoli, Kota Pinang, Sibolga, Suwawa, Gorontalo, Kwandang, Marisa, Rangkasbitung, Jakarta Barat, Banten, Jakarta Pusat, Kisaran, Gunung Tua, Padangsidempuan, Jakarta Selatan, Stabat, Ciruas, Jakarta Timur, Klungkung, Serang, Jakarta Utara, Muara Bulian, Sarolangun, Kuala Tungkal, Muara Sabak, Teluk Dalam, Jambi