Cara Amalan Bertaubat Nasuha Penghapus Dosa Besar Dan Kecil

Advertisement
Advertisement
Cara Amalan Bertaubat Nasuha Penghapus Dosa Besar. Kita sebagai manusia yang dilahirkan ke dunia ini tidak selamanya berada dalam satu posisi, karena Alloh SWT menciptakan mahluqnya selalu berpasang-pasangan, misalnya ada sehat dan ada sakit, ada suka ada duka, ada taat ada maksiat nah ketika kita sedang dalam keadaan maksiat jangan merasa putus harapan dari dari perbuatan dosa percayalah kepada Alloh SWT, bahwa Alloh akan mengampuni segala dosa yang telah kita perbuat dengan cara bertaubat nasuha.

walaupun dosa kita sebesar apapun asal benar-benar kita ingin bertaubat supaya di ampuni segala dosanya sehingga kita sudah merasa sakit batin atas segala perbuatan maksiat tapi yakin kita mau bertaubat dan tidak akan mengulangi perbuatan maksiat lagi maka Alloh pasti akan menerimanya taubat kita  dan mengampuni segala dosa yang pernah kita perbuat karena Alloh maha pengampun yang memiliki Asma.(nama) Attawwab penerima taubat. Jadi bertaubat adalah satu satunya obat penghilang dosa sehingga rasa sakit batin pun akan hilang.

Dan setelah kita merasa menyesal atas segala hal perbuatan maksiat perbanyaklah beristigfar (minta ampunan) amalan penghapus dosa dan mengurangi pergaulan bebes yang sifatnya mengarah kepada perbuatan maksiat maka seringlah kita mujasmedi supaya rasa aman tentram rasa sakit batin pun bisa terobati. Jadi rasa saki batin yang kita rasakan akan secepatnya Alloh ilangkan dengan cara bertaubat karena segala penyakit itu ada obatnya.

Cara Amalan Bertaubat Nasuha Penghapus Dosa Besar

Sebagai mana Rosululloh SAW pun telah menyampaikan dalam hadistnya;  dalam kitab Shahih Bukhari dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu’anhu dari nabi shallallahu’alaihi wasallam beliau bersabda,

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَل لَهُ شِفَاءً


“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)
Jabir radhiallahu ‘anhu membawakan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

 لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ


“Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Azza wa Jalla.” (HR. Muslim no. 5705)

Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu mengabarkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ اللهَ لَمْ يَنْزِلْ دَاءً إِلاَّ وَأَنْزَل لَهُ دَوَاءً، جَهِلَهُ مَنْ جَهِلَهُ وَعَلِمَهُ مَنْ عَلِمَهُ


“Sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan pula obatnya bersamanya. (Hanya saja) tidak mengetahui orang yang tidak mengetahuinya dan mengetahui orang yang mengetahuinya.” (HR. Ahmad 1/377, 413 dan 453.Dan hadits ini dishahihkan dalam Ash-Shahihah no. 451)

Maka untuk itu dengan adanya hadist-hadist tersebut ketika kita sedang diuji oleh Alloh SWT dengan adanya berbagai penyakit jangankan penyakit yang dhohir bahkan sampai penyakit yang bathin juga Alloh mampuh untuk menghilangkannya.

Seperti dikisahkan dalam sebuah kisah, Hasan Al-Bashri bercerita;" Pada suatu hari aku dan seorang pemuda yang ahli Ibadah berjalan-jalan keliling kota bashrah dan memasuki beberapa pasar kota itu. Disitu kami menjumpai seoramg Tabib yang sedang duduk diatas kursi dan didepannya ada banyak orang laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Mereka semua membawa mangkok yang berisi air, dan masing-masing meminta obat untuk penyakitnya. Setelah itu pemuda teman saya tadi maju menghampiri sang Tabib dan bertanya;" Tuan Tabib, apa anda punya obat yang dapat menghapus dosa-dosa dan menyembuhkan penyakit hati?" Tabib itu menjawab," Punya," Mana desak pemuda tadi.Tabib itu menjawab:

" Lakukanlah sepuluh hal:
1. Ambil akar pohon kefakiran dan akar pohon kerendahan hati.
2. Taruh kedua akar itu kedalam keranjang taubat.
3. Tumbuklah dengan menggunakan lesung ridho.
4. Haluskan dengan serut kepuasan hati (Qonaat).
5. Masukan kedalam kendil taqwa.
6. Campurkan airhaya' ( malu ) kedalamnya.
7. Didihkan dengan api cinta (mahabbah).
8. Tuangkan kedalam bejana Syukur.
9. Dinginkan dengan angin harapan.
10. Minumlah dengan menggunakan sendok pujian (Hamdalah)

Yang kesatu tadi Beliau menyerupakan kefakiran dan tawadlu’ dengan pohon karena keadaan masing-masing dapat menjadi tinggi. Akar itu adalah sebab dari wujud hakekat fakir dan tawadlu’

yang keduanya diserupakan dengan pohon yang tinggi, karena ketinggian keduanya di sisi Allah ta’ala. Ibnu ‘Atha’ berkata: “Tawadlu’ itu adalah menerima kebenaran dari siapa saja”. Ibnu Abbas berkata: “Adalah termasuk perbuatan tawadlu’ apabila seseorang mau meminum sisa dari minuman temannya”. Imam Al Qusyairi berkata: “Fakir itu adalah syi’ar para wali dan perhiasan dari orang-orang yang dikhususkan oleh Allah dari orang-orang yang bertaqwa dan para nabi”.

Arti yang kedua adalah, jadikanlah taubat yang diserupakan dengan urus-urus karena masing-masing dapat melenyapkan kotoran. Urus-urus dapat melenyapkan kotoran perut, dan taubat dapat melenyapkan dosa-dosa. Nabi Muhammad saw. bersabda:

اَلتَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لاَ ذَنْبَ لَهُ.


Artinya: “Orang yang bertaubat dari dosa adalah seperti orang yang sama sekali tidak ada dosa baginya”. Apabila Allah menyintai seseorang hamba, maka sesuatu dosa tidaklah memberi melarat dirinya.

Arti yang ketiga keridhoan di sini diserupakan dengan lesung karena masing-masing dapat dipergunakan untuk menumbuk dan menghaluskan. Imam Nawawi berkata: “Keridhoan itu adalah kesenangan hati terhadap ketentuan yang pahit”. Al Muhasibi berkata: “Keridhoan itu adalah ketenangan hati di bawah aliran-aliran hukum”. Ruwaim Al Baghdadi berkata: “Kerelaan itu adalah menerima hukum-hukum dengan gembira”.

Untuk yang ke empat adalah Sebagian dari para ulama’ berkata: “Qana’ah itu adalah meninggalkan melihat-lihat kepada yang tidak ada dan merasa cukup dengan apa yang ada”. Abu Sulaiman Ad Darani berkata: “Kedudukan qana’ah dari kerelaan itu adalah seperti kedudukan wara’ dari zuhud. Qana’ah itu adalah permulaan dari kerelaan dan wara’ itu adalah permulaan dari zuhud”.

Arti yang kelima adalah, Abu Abdillah Ar Rauzabadi berkata: “Taqwa itu adalah menjauhi apa saja yang menjauhkan engkau dari Allah”. Ibnu ‘Atha’ berkata: “Taqwa itu ada bagian luar dan bagian dalam. Bagian luarnya adalah menjaga batas-batas sedang bagian dalamnya adalah niat dan ikhlas”.

Arti yang ke enam adalah,sebagai mana Imam Junaid Al Baghdadi berkata: “Malu itu adalah keadaan yang timbul dari melihat kenikmatan-kenikmatan dari Allah dan melihat keteledoran dari diri”. Dzun Nun Al Mishri berkata: “Malu itu adalah wujud dari perasaan hebat dalam hati beserta sifat liar dari apa yang lalu dari dirimu kepada Tuhanmu”.

Arti yang ketujuh adalah sebagai mana Abu Yazid Al Busthami berkata: “Cinta itu adalah menganggap sedikit apa yang banyak dari dirimu dan menganggap banyak apa yang sedikit dari kekasihmu”. Abu Abdillah Al Qurasyi berkata:”Hakekat dari cinta itu adalah apabila engkau memberikan keseluruhanmu kepada orang yang engkau cintai, sehingga tidak tersisa dari dirimu sesuatupun”.

Arti yang kedelapan maksud syukur adalah, pengakuan terhadap kenikmatan dari Dzat yang memberi nikmat menurut cara merendahkan diri.

Arti dari yang kesembilan adalah sebagai mana Abdullah bin Khafif berkata: “Raja’ itu adalah berharap baik dengan wujud anugerah Allah ta’ala. Dikatakan bahwa raja’ itu adalah memandang kepada luas rahmat Allah ta’ala.

Arti yang terakhir adalah, sanjungan kepada Allah ta’ala beserta mengagungkan kepada-Nya.

Jika kamu dapat melakukan semua itu, pasti kamu akan selamat dari segala penyakit dan bencana didunia maupun diakherat, Semoga dengan adanya resep obat penghapus dosa dan penyakit hati ini dapat membawa kemanfaatan bagi kita semua.Begitu juga kami sajikan  Manfaat Puasa Senin Kamis. pada artikel selanjutnya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Advertisement
Nama Kabupaten di Seluruh Indonesia, Kota, Daerah, Propinsi, Meulaboh, Purwokerto, Kota Mungkid, Blangpidie, Jantho, Calang, Tapak Tuan, Singkil, Karang Baru, Takengon, Purwodadi, Jepara, Kutacane, Paringin, Madiun, Idi Rayeuk, Sukabumi, Bontang, Lhoksukon, Simpang Tiga Redelong, Bireuen, Blang Kejeren, Suka Makmue, Ketapang, Sungai Raya, Sigli, Lumajang, Depok, Palabuhanratu, Bojonegoro, Meureudu, Sinabang, Sumenep, Barabai, Kotabaru, Nanggroe Aceh Darussalam, Amuntai, Salatiga, Sragen, Banda Aceh, Ngabang, Nanga Pinoh, Langsa, Batang, Lhokseumawe, Jawa Barat, Sabang, Subulussalam, Soreang, Blora, Tulungagung, Jombang, Kota Brebes, Sintang, Garut, Tasikmalaya, Singkawang, Kuala Pembuang, Banjarnegara, Rembang, Kota, Pati, Marabahan, Surakarta, Purworejo, Nganjuk, 1Kajen, Wonosobo, Pemalang, Boyolali, Jawa Tengah, Pekalongan, Kota Tegal, Bangkalan, Sekadau, Kandangan, Jawa Timur, Bogor, Mempawah, Blitar, Batu, Kediri, Kuningan, Purbalingga, Mojokerto, Pasuruan, Majalengka, Probolinggo, Surabaya, Kudus, Sukadana, Sampang, Nabire, Kenyam, Enarotali, Oksibil, Ilaga, Kotamulia, Anggi, Sarmi, Sorendiweri, Sorong, Karubaga, Kanigoro, Botawa, Sumohai, Elelim, Papua, Fef, Jayapura, Fakfak, Kaimana, Manokwari, Ransiki, Temanggung, Tembilahan, Rengat, Bangkinang, Selatpanjang, Taluk Kuantan, Sidenreng, Pangkalan Kerinci, Bagan Siapi-api, Pasangkayu, Cibinong, Polewali, Sei Rampah, Sulawesi Barat, Sumber, Bantaeng, Ciamis, Kumurkek, Watampone, Barru, Pinrang, Bulukumba, Sungguminasa, Jeneponto, Enrekang, Benteng, Binjai, Masamba, Turikale, Sidikalang, Pangkajene, Aek Kanopan, Watan Soppeng, Sinjai, Pattalassang, Muara Tebo, Belopa, Makale, Rantepao, Dolok Sanggul, Bengkalis, Pematangsiantar, Sengkang, Sulawesi Selatan, Cianjur, Slawi, Singaraja, Makassar, Palopo, Parepare, Luwuk, Salakan, Sungai Penuh, Banggai, Buol, Donggala, Bungku, Tabanan, Bangko, Kolonodale, Parigi, Poso, Sigi Biromaru, Ampana, Toli-Toli, Sulawesi Tengah, Malili, Palu, Rumbia, Pasarwajo, Papua Barat, Tanjungbalai, Sumatera Utara, Batauga, Muaradua, Labungkari, Langgur, Saumlaki, Piru, Bula, Maluku, Ambon, Tual, Jailolo, Bekasi, Sambas, Weda, Lamongan, Tobelo, Labuha, Pasuruan, Ponorogo, Sanana, Maba, Daruba, Bondowoso, Bobong, Maluku Utara, Ternate, Cilacap, Batulicin, Tidore Kepulauan, Sukabumi, Pelaihari, Raba, Rantau, Dompu, Gerung, Praya, Selong, Tanjung, Singaparna, Sumbawa Besar, Demak, Sampit, Cimahi, Taliwang, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Kalabahi, Atambua, Kepanjen, Ende, Larantuka, Banjarbaru, Oelamasi, Lewoleba, Betun, Ruteng, Pasir Pengaraian, Labuan Bajo, Borong, Nanga Bulik, Bajawa, Jember, Mbay, Kasongan, Baa, Indramayu, Kuala Kurun, Pulang Pisau, Seba, Maumere, Tuban, Waikabubak, Pangkalan Bun, Tambolaka, Waibakul, Waingapu, Kuala Kapuas, Soe, Kefamenanu, Karawang, Nusa Tenggara Timur, Kraksaan, Buntok, Pare, Pekanbaru, Tobadak, Tamiang Layang, Gresik, Kupang, Sukoharjo, Agats, Biak, Tanah Merah, Tigi, Banjarmasin, Muara Teweh, Kigamani, Sugapa, Sentani, Wamena, Waris, Serui, Tiom, Burmeso, Aimas, Kobakma, Purukcahu, Kepi, Merauke, Timika, Talang Ubi, Buranga, Kolaka, Tirawuta, Lasusua, Unaaha, Langara, Medan, Andolo, Lubuklinggau, Denpasar, Wanggudu, Raha, Sumatera Selatan, Rasiei, Sawerigadi, Wangi-Wangi, Sulawesi Tenggara, Mamuju, Bau-Bau, Kendari, Pandan, Cilegon, Karangasem, Kotamobagu, Waisai, Bolaang Uki, Balige, Tutuyan, Mamasa, Boroko, Sengeti, Tahuna, Ondong Siau, Melonguane, Lahomi, Pagar Alam, Tondano, Amurang, Ratahan, Airmadidi, Sulawesi Utara, Bitung, Siulak, Tangerang, Panyabungan, Kotamobagu, Majene, Riau, Manado, Siak Sri Indrapura, Dumai, Tomohon, Lubuk Basung, Pulau Punjung, Tuapejat, Sarilamak, Parit Malintang, Lubuk Sikaping, Pandeglang, Simpang Empat, Rantau Prapat, Painan, Muaro Sijunjung, Arosuka, Padang Aro, Salak, Batusangkar, Tigaraksa, Gunungsitoli, Sumatera Barat, Muara Bungo, Lotu, Sibuhuan, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Pangkalan Balai, Bintuni, Tebing Tinggi, Lahat, Muara Enim, Sekayu, Muara Beliti Baru, Rupit, Indralaya, Teminabuan, Kota Kayu Agung, Baturaja, Sumedang, Subang, Caruban, BKalimantan Tengah, Palangka Raya, Trenggalek, Mojokerto, Tanjung Redeb, Sendawar, Ungaran, Tenggarong, Situbondo, Magelang, Sangatta, Sanggau, Cikarang, Ujoh Bilang, Tanah Grogot, Penajam, Sukamara, Kalimantan Timur, Karanganyar, Kebumen, Magetan, Kendal, Pamekasan, Semarang, Balikpapan, Samarinda, Tanjungselor, Malinau, Nunukan, Tideng Pale, Kalimantan Utara, Tarakan, Cirebon, Sungai Liat, Wonogiri, Muntok, Toboali, Koba, Martapura, Kalimantan Barat, Tanjung Pandan, Manggar, Bangka Belitung, Pangkal Malang, Pinang, Ngamprah, Pontianak, Bandar Seri Bentan, Bengkayang, Bandung, Tanjung Balai Karimun, Terempa, Daik, Ranai, Riau, Batam, Tanjung Pinang, Gunung Sugih, Kotabumi, Kalianda, Liwa, Sukadana, Mesuji, Sidoarjo, Banjar, Tanjung, Pacitan, Gedong Tataan, Putussibau, Klaten, Purwakarta, Krui, Pringsewu, Menggala, Tulang Bawang Tengah, Parigi, Agung, Blambangan Umpu, Ngawi, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Namlea, Namrole, Dobo, Banyuwangi, Kalimantan Selatan, Tiakur, Masohi, Bantul, Limapuluh, Wonosari, Wates, Lubuk Pakam, Sleman, Palembang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta, Badung, Bangli, Prabumulih, Tebing Tinggi, Martapura, Tangerang Selatan, Kabanjahe, Tarutung, Raya, Sipirok, Kota Manna, Karang Tinggi, Arga Makmur, Bintuhan, Kepahiang, Muara Aman, Mukomuko, Curup, Bali, Gianyar, Tais, Negara, Bengkulu, Pangururan, Tilamuta, Gunung Sitoli, Kota Pinang, Sibolga, Suwawa, Gorontalo, Kwandang, Marisa, Rangkasbitung, Jakarta Barat, Banten, Jakarta Pusat, Kisaran, Gunung Tua, Padangsidempuan, Jakarta Selatan, Stabat, Ciruas, Jakarta Timur, Klungkung, Serang, Jakarta Utara, Muara Bulian, Sarolangun, Kuala Tungkal, Muara Sabak, Teluk Dalam, Jambi